Kamis, 08 April 2021

Demam Mendadak Pada Anak 2 Tahun

Semalam pukul 10, saya raba adek, terasa hangat dikeningnya. Beberapa kali saya memastikan pada papa apakah benar hangat atau tangan saya dingin? Juga saya tanya ke abang dan kakak. Kata mereka, iya hangat.  Duh saya khawatir deh.

 

Pengalaman diare saat dia masih 4 bulan mungkin yang membuat saya merasa takut kalau adek tiba-tiba demam begini. Takut kalau dia kena diare lagi dengan pup yang cair kayak dulu.

 

Bisa dipastikan kami tidak bisa tidur pulas. Bolak balik saya terbangun karena dia menangis. Gendong, kasih minum, kompres. Jam 3 akhirnya saya kasih sanmol, karena ga tahan juga dengar nangisnya, seperti kesakitan gitu. Alhamdulillah bisa tidur walau sambil usap-usap. Tia bangun pukul 7, sudah lebih baik meski masih rewel. Mau minum dan makan roti meski sedikit.

 Saya kutip sedikit dari milissehat ya

Demam pada Infeksi Virus

Demam pada bayi dan anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Pada demam yang disertai sariawan, ruam cacar, atau ruam lainnya yang mudah dikenali, virus sebagai penyebab demam dapat segera disimpulkan tanpa membutuhkan pemeriksaan khusus. Demam ringan juga dapat ditemukan pada anak dengan batuk pilek (common colds), dengan rinovirus salah satu penyebab terseringnya. Penyebab lain demam pada anak adalah enteritis (peradangan saluran cerna) yang disebabkan terutama oleh rotavirus.

Penyakit yang disebabkan virus adalah self-limiting disease (akan berakhir dan sembuh dengan sendirinya).

 

Meski sudah anak ketiga meski sudah tau ilmunya, tetap saja rasa khawatir tetap ada bahkan menurut saya rasa khawatir kepada adek lumayan berlebihan dibanding kakak-kakaknya, hehe.  

 

Sehat selalu ya Dek. Semoga Allah melindungi dan menjauhkan kita sekeluarga dari segala macam jenis penyakit, panjang umur dan jadi orang bermanfaat. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar