Sabtu, 04 September 2010

Yaaahhh, kok muter lagi, Nak?

Masuk bulan ke delapan, pemeriksaan sudah 2 minggu sekali. Malam itu saya pergi ke dokter Zahra. Dari rumah ga ada perasaan apa-apa, ga tegang kayak biasanya. Sampai di sana, saat tiba giliran saya, saya dan suami masuk ke dalam ruang periksa. Berat badan ditimbang, normal. Berbaring di kasur periksa, tekanan darah saya saat itu dinyatakan rendah. Dokter nanya apakah saya kecapean? Saya jawab ia kayaknya, Dok. Maklum aja waktu itu saya baru masuk tahun ajaran baru, ngajar dari jam 7 sampai jam 4. Pasti kecapean banget, ditambah dengan kehamilan yang makin membesar. Biasanya tekanan darah saya normal dan baik-baik saja, pokokn ya semuanya oke deh. Entah kenapa saat itu kok malah ga bagus pemeriksaannya.

Setelah tekanan darah, seperti biasa dokter mengoleskan gel untuk pemeriksaan USG di atas perut saya. Lagi-lagi saya kecewa karena pemeriksaan USG pun tak sebagus biasanya.
“Loh, kok miring nih!” kata dokter Zahra sat itu. Saya pun langsung deg-degan takut ga keruan. Kepala si boy ada di samping kanan kakinya satu di kiri yang satu lagi menjulur menuju jalan lahir. Sungsang! Dokter pun dengan nada yang nakut-nakutin bilang kalau sya ga mau merubah posisi ini dengan Knee Chest Position yang diajarin saya terancam melahirkan Caesar. Duh…. Rasanya saya mau nangis saat itu. Semua omongan dokter saya dengerin dengan setengah hati, yang setengah lagi saya sibuk mikirin nasib saya dan si boy nantinya. Pikiran-pikiran buruk pun menghantui pikiran saya. Sepanjang perjalanan pulang saya nangis. Air mata ga henti-hentinya mengalir. Saya ngerasa bersalah ga jaga si boy baik-baik, saya menyesal, menyesal sekali.

Setelah vonis sungsang itu, saya sibuk browsing untuk cari info sebanyak-banyaknya tentang sungsang ini. Ternyata banyak pendapat yang menguatkan dan membuat saya percaya diri, bahwa posisi ini biasa berubah nantinya. Saya juga jadi rajin nerapin posisi KCP selama 10-15 menit setiap abis shalat ataupun saat ada waktu luang. Tak henti-hentinya saya berdoa. Saya juga selalu mengajak si boy untuk ngobrol. Untuk ngajak dia kerja sama sama saya buat muter lagi, dengan posisi kepala di bawah. Pokoknya semua saya lakuin deh, yang terbaik untuk dia dan saya juga tentunya.

Dua minggu kemudian saya kembali ke doketr. Saat di periksa, Alhamdulillah!!!! Si boy sudah balik lagi ke posisi yang bagus. Dokter pun menyuruh saya menghentikan KCP, biar si boy ga balik lagi. Alhamdulillah!! Alhamdulillah!! Terima kasih ya Allah. Tak terbayang rasa bersyukurnya saya saat itu. Dan pulang dari dokter pun saya belikan burger untuk si boy, sesuai janji saya saat itu sama dia,
“Kalau kamu pinter, nanti mama belikan hamburger pulang dari doker ya. Tapi janji harus jadi anak pinter dulu” saya pun menepati janji saya. Alhamdulillah ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar